Tips Merawat Perkutut Menjelang Lomba

16 Nov

Beberapa teman meminta saya untuk menuliskan kembali Tips mempersiapan burung untuk ke lomba, karena beberapa teman tidak menemukan tulisan saya tersebut
1. Satu Minggu sebelum burung dilombakan burung sudah sering dilatih sesuai dengan usianya (piyik digantang/dihanging dan dewasa dikerek). Bila memungkinkan burung harus sering diajak jalan dengan kendaraan agar tidak stress saat dibawa dengan mobil.
2. Satu Minggu sebelum lomba burung sudah harus sering di pale/dipegang dan dipijiti agar tidak takut orang dan mau kerja saat lomba.
3. Dua Hari sebelum lomba burung harus dimandikan untuk piyik di bawah 2,5 bulan cukup dibasahi agar tampak lepek dengan air hangat. Usai dimandikan burung di angin-anginkan saja dan sore harinya baru dijemur di panas Matahari.
4. Sehari sebelum lomba burung dapat diberikan jamu, Katuk, Saga, Vit E, Minyak Ikan, Vit C, Kacang Hijau agar burung Vit kondisinya. Berikan makanan extra fooding seperti Godem, Ketan Hitam, Ketan Hitam, Jewawut Bali agar burung keesokan hari merasa hangat dan mau kerja. Usai pemberian jamu burung dijemur di bawah selama tiga Jam dan air minum dikosongkan. Usai penjemuaran burung di istirahatkan dan 1 jam kemudian baru burung diberikan minum.
5. Bila cuaca sedang dingin malam harinya sambil burung dipale/dipegang suapi burung dengan secuil anak bawang agar hangat, pada saat yang sama bejek-bejek bawang merah dengan tangan dan borehi kaki, paruh, dan punggung burung dengan getah bawang yang sudah kita bejek tadi.
6. Usai burung dipale istirahatkan burung untuk kemudian keesokan harinya dilombakan.
Tips yang saya berikan bukanlah jaminan bahwa burung akan kerja secara maksimal, karena Tips tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan burung agar mau tampil prima saat lomba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: